6 Desember 2008

Wallace Jadi Nama Jalan di Ternate

Kindly Bookmark and Share it:

INILAH.COM, Ternate - Ilmuan flora dan fauna dunia mendian Alfred Russel Wallace diabadikan menjadi nama salah satu jalan di Kota Ternate Maluku Utara (Malut) untuk mengenang bahwa ilmuan itu pernah tinggal di Ternate.

"Wallace pernah tinggal di Ternate selama empat tahun, jadi untuk mengenangnya, namanya kami abadikan menjadi nama jalan di Kota ini" kata Wali Kota Ternate Syamsir Andili saat meresmikan nama Jalan Wallace di Ternate, Rabu (3/12).

Nama jalan yang kini berubah menjadi Wallace itu, sebelumnya adalah Jalan Nuri. Salah satu rumah di Jalan Nuri itu dulu menjadi tempat tinggal Wallace selama empat tahun.

Menurut Syamsir, informasi Wallace tinggal di Ternate untuk melakukan penelitian flora dan fauna di wilayah Maluku, bukan rekayasa, tapi didasarkan kepada buku yang pernah ditulis oleh Wallace.

Dalam buku itu, Wallace menulis bahwa ia pernah tinggal di Ternate selama empat tahun di rumah milik seorang pengusaha asal Belanda. Rumah itu sesuai hasil penelitian Pemkot Ternate, berada di Jalan Nuri yang kini berubah nama menjadi Jalan Wallace.

"Rumah tempat tinggal Wallace tersebut akan kami jadikan monumen Wallace. Monumen itu akan dilengkapi gambaran tentang aktivitas Wallace selama di Ternate" papar Syamsir.

Peresmian pembangunan monumen Wallace tersebut dilakukan bersamaan dengan peresmian Jalan Wallace. Pada peresmian itu turut hadir Ketua LIPI Prof Dr UMar Anggara Jenie, MSc.

Umar mengatakan, LIPI akan mendukung Pemkot Ternate untuk merealisasikan pembangunan monumen Wallace tersebut, karena monumen itu akan menjadi sarana untuk mengetahui aktivitas Wallace saat berada di Ternate.

Sehari sebelumnya (2/12) Pemkot Ternate bekerja sama dengan LIPI menggelar pra-simposium di Ternate untuk mengenang 150 tahun surat Wallace yang dikirim dari Ternate ke Inggris.

sumber by : INILAH.COM

1 komentar:

  1. kabar,ternate sekrang gimana cuy,,,,,!!!!
    w,, da lama dijkrta nh,,,,,,!!!!!11

    BalasHapus

 
AksaL Achmad | Powered By Blogspot | © Copyright  2008