13 Juli 2008

Sejarah isLam Masuk Ke Ternate...

Kindly Bookmark and Share it:

Diperkirakan, Islam sudah lama masuk secara diam-diam ke Ternate melalui jalur perdagangan. Hal ini ditandai dengan banyaknya pedagang Arab yang datang ke wilayah tersebut untuk berdagang, bahkan ada yang bermukim. Selain melalui perdagangan, penyebaran Islam juga dilakukan lewat jalur dakwah. Muballigh yang terkenal dalam menyebarkan Islam di kawasan ini adalah Maulana Hussain dan Sunan Giri

Ada dugaan, sebelum Kolano Marhum, sudah ada Raja Ternate yang memeluk Islam, namun, hal ini masih menjadi perdebatan. Secara resmi, Raja Ternate yang diketahui memeluk Islam adalah Kolano Marhum (1465-1486 M), Raja Ternate ke-18. Anaknya, Zainal Abidin (1486-1500) yang kemudian menggantikan ayahnya menjadi raja, pernah belajar di Pesantren Sunan Giri di Gresik. Saat itu, ia dikenal dengan sebutan Sultan Bualawa (Sultan Cengkeh). Ketika menjadi Sultan, Zainal Abidin kemudian mengadopsi hukum Islam sebagai undang-undang kerajaan. Ia juga mengganti gelar Kolano dengan sultan. Untuk memajukan sektor pendidikan, ia juga membangun sekolah (madrasah). Sejak saat itu, Islam berkembang pesat di Ternate dan menjadi agama resmi kerajaan.

Sumber : members.virtualtourist.com

2 komentar:

  1. Foto Saja......... Top....... Di tunggu posting barunya

    BalasHapus
  2. Tak ada yang Lebih membahagiaan Diriku seLain menjadi orang yang bermanfaat bagi "mereka..."

    Maksudnya kata "Mereka" tu sapa?? O.... kita su tau suda, menurut survei yg di lakukan selama beberapa bulan, para ahli akhirnya menyimpulkan:

    1. Tisan
    2. Tisan
    3. Tisan
    4. Tisan
    5. Tisan

    Kayaknya mereka p nama samua "Tisan".

    Kesimpulan Akhir:
    "kata mereka, mengarah kepada seseorang yg bernama Tisan, siapakah Tisan?(Tanya Para Ahli)"

    BalasHapus

 
AksaL Achmad | Powered By Blogspot | © Copyright  2008